"Tradisi Rasulan/Merti Dusun Tegallawas 2024"

Chang Ajhib 10 Juni 2024 08:34:00 WIB

Rasulan/Merti Dusun Tegallawas adalah tradisi yang kaya akan nilai budaya dan spiritual yang diadakan setiap tahun di Padukuhan Tegallawas. Pada tahun 2024, acara ini akan dilaksanakan pada Minggu, 2 Juni 2024, bertepatan dengan Minggu Kliwon dalam kalender Jawa dan bulan Zulkaidah/Besar dalam kalender Islam.

Rasulan/Merti Dusun adalah sebuah tradisi turun-temurun yang memiliki tujuan utama untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil bumi yang melimpah. Selain itu, tradisi ini juga bertujuan untuk mempererat kebersamaan dan gotong royong antarwarga Dusun Tegallawas. Melalui kegiatan ini, masyarakat berupaya menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya serta memperkokoh ikatan sosial dalam komunitas.

Acara Rasulan dimulai pada minggu pagi sekitar pukul 08.00 WIB dengan Kirab Budaya. Kirab ini melibatkan arak-arakan Gunungan dari setiap RT di Padukuhan Tegallawas. Setiap Gunungan tersebut diarak dengan penuh semangat oleh warga, diiringi oleh penampilan Drumband dari SD Sumberrejo dan pertunjukan Angklung dari SD Banyuurip. Selain itu, kesenian Irengan Hak'e Hak'e dan berbagai komunitas seni di Padukuhan juga turut memeriahkan kirab ini. Arak-arakan berakhir di halaman rumah Dukuh Tegallawas.

Setelah Kirab Budaya selesai, acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh tokoh agama setempat. Doa ini bertujuan untuk memohon berkah dan keselamatan bagi seluruh warga Dusun Tegallawas. Selanjutnya, dilakukan kenduri sarang, di mana makanan dan Gunungan yang telah diarak sebelumnya dibagikan kepada masyarakat yang hadir. Kegiatan ini mencerminkan semangat kebersamaan dan berbagi dalam komunitas.

Puncak dari rangkaian acara Rasulan Merti Dusun Tegallawas adalah pentas kesenian Irengan yang diadakan pada siang hari. Kesenian Irengan ini merupakan warisan budaya yang telah ada sejak lama di Padukuhan Tegallawas dan terus dilestarikan hingga kini. Pertunjukan kesenian ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat karena mengandung nilai-nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Rasulan Merti Dusun Tegallawas bukan hanya sekadar perayaan tahunan, tetapi juga merupakan wujud nyata dari rasa syukur, kebersamaan, dan pelestarian budaya. Melalui tradisi ini, warga Dusun Tegallawas dapat memperkuat ikatan sosial serta menjaga warisan budaya yang berharga. Semoga tradisi ini terus lestari dan memberikan inspirasi bagi generasi mendatang.

Komentar atas "Tradisi Rasulan/Merti Dusun Tegallawas 2024"

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License