Situs watu sego

Chang Ajhib 21 Maret 2024 10:35:29 WIB

Dikalurahan jatimulyo,dlingo,bantul juga masih banyak lagi situs peninggalan para wali yaitu "watu sego"Benda ini berbentuk batu bulat berwarna hitam, dimana sejarah disebut Watu Sega karena dulu setelah Sunan Kali Jogo dan Cokro Joyo setelah berada di Jati Kluwih berjalan ke utara menemukan benda berbentuk batu dan Sunan Kali Jogo bertanya pada Cokro Joyo tentang benda tersebut, “iki Watu opo Sego (nasi)” dan Cokro Joyo menjawab “ ini Sego (nasi)” tapi Sunan Kali Jogo menyanggahnya kalau ini adalah batu (watu). Dan dari situlah benda ini disebut “Watu Sego” yang terletak di Padukuhan Badean.

Pemerintah kalurahan jatimulyo serta pengurus desa budaya pun berniat situs-situs yang berumur diatas 50 tahun keatas diwilayah kalurahan jatimulyo akan didaftarkan kedinas kebudayaan agar nantinya menjadi cagar budaya.Benda tersebut terletak didepan masjid dan dibawahnya ada aliran mata air yang sangat deras dan dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk keperluan kehidupan sehari-hari.

Komentar atas Situs watu sego

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License