Pelepasan Burung Tyto Alba

Chang Ajhib 27 Desember 2023 14:51:30 WIB

Jatimulyo - Jumat (22/12/23) Taruna Tani Rukun Lestari Jatimulyo telah menyelenggarakan kegiatan pelepasan Burung Tyto Alba sebagai sahabat tani dalam mengatasi hama khususnya serang tikus. 

Tindakan ini diambil sebagai langkah yang ramah lingkungan untuk mengendalikan hama pertanian, mengurangi penggunaan pestisida, dan menjaga keseimbangan ekosistem pertanian.

Burung Tyto Alba merupakan pemangsa alami bagi berbagai jenis hama yang sering merugikan tanaman pertanian. Makanan utama mereka adalah hewan pengerat seperti tikus, burung pengganggu, dan serangga yang dapat merusak hasil pertanian. Oleh karena itu, pelepasan burung ini diharapkan dapat membantu petani dalam mengurangi kerugian akibat serangan hama.

Sebelumnya telah dilakukan karantina dari Burung Tyto Alba ini selama 3 bulan oleh tim Taruna Rukun Lestari Jatimulyo agar nantinya burung yang dilepaskan dapat siap mengatasi dan sebagai pengendali hama tikus.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Dinas Pertanian Kabupaten Bantul, Lurah Kalurahan Jatimulyo beserta seluruh jajarannya, dan lembaga terkait pemerintah lainnya. 

Pelepasan burung Tyto Alba untuk mengendalikan hama pertanian tidak hanya memberikan solusi praktis tetapi juga menciptakan hubungan yang seimbang antara manusia dan alam. Dengan terus menggali potensi solusi berbasis alam, kita dapat menciptakan sistem pertanian yang berkelanjutan dan mendukung kelestarian lingkungan.

Komentar atas Pelepasan Burung Tyto Alba

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License